Sosialisasi Peraturan Terbaru Kepabeanan dan Cukai di Kanwil DJBC Khusus Papua



Pada tanggal 17 September 2018 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Impor Sementara, Perizinan Online, NPPBKC, dan HPTL di Aula KPPBC TMP C Sorong. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kanwil DJBC Khusus Papua, Padmoyo Tri Wikanto dan diikuti oleh tamu undangan yang berasal dari pengguna jasa di wilayah Sorong dan sekitarnya. Kakanwil menyampaikan bahwa saat ini pemerintah semakin gencar untuk mempermudah perizinan usaha, di sisi lain pengguna jasa juga harus tetap mematuhi peraturan yang ada karena sudah banyak peraturan yang disederhanakan. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai serta Kepala KPPBC TMP C Sorong. Kegiatan ini berada di bawah tanggung jawab Bidang Kepabeanan dan Cukai. 


Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan informasi terkait dengan adanya penerbitan peraturan terbaru di bidang kepabeanan dan cukai seperti peningkatan kemudahan perizinan impor sementara dan NPPBKC yang saat ini dapat dilakukan secara online melalui website Online Single Submission (OSS). OSS Selain itu juga disampaikan peraturan terbaru tentang produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) kepada pelaku usaha di wilayah Sorong dan sekitarnya. HPTL terdiri dari 4 jenis, yaitu ekstrak dan esens tembakau (salah satunya yaitu liquid vapor), tembakau molasses (salah satunya yaitu sisha), tembakau hirup, dan tembakau kunyah. 


HPTL berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 146 tahun 2017 merupakan objek pengenaan tarif cukai terhitung mulai tanggal 01 Juli 2018. Namun, pemerintah memberikan kebijakan berupa relaksasi batas waktu terkait pemenuhan perizinan dan pengenaan tarif cukai terhadap HPTL yang semula tanggal 01 Juli 2018 menjadi 01 Oktober 2018 dalam rangka memberikan para pengusaha HPTL kesempatan untuk menyelesaikan perizinan usaha dan pengurusan dokumen di bidang cukai. Artinya, setelah tanggal 01 Oktober 2018, seluruh produk HPTL yang diperjualbelikan wajib dilekati pita cukai. Setelah melewati tanggal tersebut maka segala pelanggaran akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh pengusaha HTPL serta semakin banyaknya pengusaha yang mendapatkan manfaat dari penyederhanaan peraturan yang telah dilakukan oleh pemerintah.

3 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua