SOSIALISASI DAN ASISTENSI PENGELOLAAN KINERJA



Pengelolaan kinerja saat ini sudah menjadi fokus utama setiap organisasi, salah satunya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Maka dari itu, pada tanggal 27-28 Juni 2018 telah dilaksanakan Sosialisasi dan Asistensi Pengelolaan Kinerja yang langsung dibawakan oleh Kepala Subdirektorat Pengelolaan Kinerja, Direktorat Kepatuhan Internal, Yulianto. Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa apakah setiap pengelolaan kinerja yang sudah dilakukan masing - masing kantor di wilayah Papua dan Papua Barat sudah benar atau belum. Pengelolaan kinerja Bea dan Cukai saat ini sudah menggunakan Balance Scorecard yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan ada penilaian per individu menggunakan IKU atau biasa dikenal dengan nama KPI (Key Performace Indicator). Penerapan yang masih dalam tahap pengembangan terus menerus karena setiap tahun ada evaluasi untuk melihat bagian mana yang masih perlu dibenahi sehingga hasilnya akan akurat nantinya.


Kegiatan ini diikuti oleh seluruh satuan kerja yang ada di bawah Kanwil DJBC Khusus Papua dan dibuka oleh Kakanwil, Padmoyo Tri Wikanto. Beliau berpesan agar seluruh peserta kegiatan dapat memanfaatkan kehadiran pemateri yang datang langsung dari kantor pusat DJBC karena ini merupakan kesempatan langka untuk bisa berinteraksi langsung dan mengupas tuntas pengelolaan kinerja di masing - masing kantor. Pengelolaan kinerja ini sangat penting karena terbukti dapat meningkatkan kinerja dari organisasi dan perannya akan semakin diperluas di tahun - tahun mendatang. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan awal dari bapak Yulianto tentang bagaimana pengelolaan kinerja itu dilakukan dengan sebuah siklus yang terus menerus berjalan. 


Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan pengelolaan kinerja di masing - masing satuan kerja yang kemudian diberikan perbaikan oleh tim dari Subdirektorat Pengelolaan Kinerja. Setelah semua satuan kerja memberikan pemaparan, hal - hal tentang penilaian kinerja yang dirasa penting dan rawan terjadi kesalahan dijelaskan secara rinci oleh tim Subdirektorat Pengelolaan Kinerja yang kemudian diadakan tanya jawab agar seluruh peserta memahami secara menyeluruh apa yang menjadi tanggung jawabnya. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena sebagai kantor yang masih baru berdiri, perlu adanya transfer ilmu yang mendalam agar seluruh pengelolaan kinerja dapat berjalan dengan benar.

4 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua