PEREMPUAN PERTAMA DI PATROLI LAUT DJBC



Kanwil DJBC Khusus Papua merupakan Kanwil Bea dan Cukai yang paling muda usianya dan lokasinya berada di ujung timur Indonesia. Salah satu pertimbangan berdirinya Kanwil ini adalah untuk meningkatkan pengawasan di kawasan timur Indonesia seiring dengan meningkatnya lalu lintas perdagangan di kawasan ini. Maka dari itu ditambahkan kata “khusus” dalam penamaannya karena lebih fokus di bidang pengawasan kepabeanan dan cukai. Salah satu ciri - ciri Kanwil Khusus DJBC adalah memiliki Pangkalan Sarana Operasi (PSO) yang bertugas untuk melakuka patroli laut. Kanwil DJB Khusus Papua memiliki PSO Tipe B Sorong yang saat ini ikut serta dalam Operasi Jaring Wallacea 2018, operasi gabungan seluruh PSO di kawasan timur Indonesia. 


Operasi laut kali ini terasa spesial karena salah satu kru kapal patroli merupakan seorang perempuan, perempuan pertama dan satu - satunya yang pernah ikut dalam patroli laut DJBC. Dia tergabung di Kapal Patroli BC 30007 sebagai Wakil Komandan Patroli 2 dalam Operasi Jaring Wallacea 2018 ini. Nama srikandi luar biasa ini adalah Nela Elyfa Sari yang bertugas di Bidang Penindakan dan Sarana Operasi. Nela, begitu dia akrab dipanggil, merupakan alumni PKN STAN Program Studi D1 Kepabeanan dan Cukai angkatan XXI. Awal keikutsertaan Nela dalam patroli laut ini bermula dari tawaran atasan Nela.


Kabid PSO memberikan tawaran kepada Nela apakah bersedia ikut patroli laut, Nela pun menerima tawaran tersebut karena memang menyukai tantangan baru. Menjadi satu - satunya perempuan di kapal patroli selama berhari - hari di tengah samudra tidak membuat mental Nela surut, malah keakraban antar kru kapal menjadikan hal yang paling berkesan selama Nela ikut dalam patroli laut kali ini. Nela mengatakan tidak ada perbedaan perlakuan antara perempuan dan laki - laki disini, sama - sama harus bertanggung jawab terhadap seluruh tugas dan selalu siaga dalam segala kondisi. Gelombang ganas yang membuat kapal bergoncang hebat pun telah Nela alami ketika ada di perbatasan negara Indonesia dengan negara Palau. Ketahanan fisik dan mental memang sangat diperlukan dalam patroli laut. 


Selama patroli laut ini juga Nela sempat memeriksa beberapa kapal laut yang dicurigai membawa barang ilegal dan berbahaya. Pengalaman ini tidak akan mungkin dilupakan oleh Nela, dia berpesan bagi perempuan jangan takut mencoba hal baru yang bahkan biasanya hanya bisa dilakukan oleh laki - laki, semua pasti ada hal positif yang akan didapatkan. Patroli laut, siaga berani setia!

24 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua