Lokakarya Pengawasan di Lingkungan Kanwil DJBC Khusus Papua



Pada tanggal 13-15 Agustus 2018 telah dilaksanakan Lokakarya Pengawasan yang diikuti oleh seluruh perwakilan kantor di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Papua dan Kanwil DJBC Maluku, khususnya dari unit Penindakan dan Penyidikan (P2). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula KPPBC TMP C Sorong. Lokakarya ini bertujuan untuk mengasah kembali kompetensi dan keterampilan dari pegawai yang bertanggung jawab di bidang P2 karena semakin lama jenis - jenis pelanggaran semakin beragam dan modus - modus untuk melakukan pelanggaran juga semakin lihai sehingga perlu adanya pembaharuan informasi dan kompetensi. Materi disampaikan oleh Kasubdit Penindakan, Kasi Penindakan Narkotika, Kasi Intelijen Kepabeanan, Kasi Tempat Tahanan, dan turut hadir sebagai observer Kabag Pengembangan Kepegawaian, dan Kabid PSO serta Penyidikan dan BHP.


Beberapa agenda yang menjadi bahasan adalah konsep intelijen dan proses bisnis intelijen, overview pasal pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai dalam proses penyidikan, sasaran operasi intelijen taktis, pemetaan, penyajian informasi dan pelaporan intelijen, manajemen jaringan dan pengelolaan human intelligence, administrasi dan sarana intelijen, dan pembahasan hal - hal yang dirasa perlu didiskusikan bersama. Intelijen sangat penting karena informasi utama tentang adanya pelanggaran berasal dari intelijen. Sebuah operasi tidak akan efektif dan bisa saja tidak mendapatkan hasil jika informasi yang didapatkan oleh intelijen tidak tepat. 


Hari terakhir diisi oleh materi pemeriksaan sarana pengangkut laut dan udara, pengelolaan dan penggunaan senjata api dinas DJBC, kewenangan penindakan di bidang kepabeanan dan cukai, pemaparan dari tim narkoba bea cukai (CNT), pengawasan narkoba sektor laut, dan pengawasan narkoba sektor perbatasan. Hari terakhir cukup menarik karena ada simulasi bagaimana cara profiling penumpang yang diduga membawa narkoba, peraga adegan dibuat semirip mungkin dengan kondisi yang ada di lapangan sehingga peserta diberikan tantangan untuk menganalisa ciri - ciri mereka yang membawa narkoba. Koordinasi antar instansi merupakan hal yang penting dalam upaya penegakan hukum di Indonesia, apalagi dari data yang ada menunjukkan bahwa hasil tangkapan setelah adanya sinergi antar instansi menunjukkan hasil yang positif, peningkatan cukup signifikan.

2 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua