Lokakarya Customs and Excise Client Service Charter



Pada tanggal 25-26 September 2018 telah dilaksanakan Lokakarya Customs and Excise Client Service Charter di Aula KPPBC TMP C Sorong yang diikuti oleh perwakilan dari Kanwil DJBC Khusus Papua, KPPBC TMP C Sorong, PSO BC Tipe B Sorong, dan KPPBC TMP C Manokwari. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kanwil DJBC Khusus Papua, Padmoyo Tri Wikanto. Beliau menyampaikan bahwa saat ini standar layanan dalam bekerja terutama saat bertemu dengan pengguna jasa sudah menjadi keharusan dan tidak ada lagi yang namanya layanan tidak sesuai standar. Layanan prima kepada pengguna jasa atau pihak eksternal tidak hanya berlaku untuk kantor pelayanan saja tetapi juga untuk pangkalan sarana operasi yang mengirimkan peserta paling banyak dalam lokakarya kali ini.


Meskipun pangkalan sarana operasi bertemu dengan pihak - pihak yang akan diperiksa di tengah laut, mereka juga harus menerapkan standar layanan yang sama dengan layanan untuk pengguna jasa di pelabuhan atau bandara karena sebagai ASN harus memberikan layanan publik yang baik kepada masyarakat. Pengajar dalam Lokakarya ini adalah Mu’amar Khadafi Kasi Penjaminan Kualitas III Direktorat KI, Deny Sudrajat Kepala KPPBC TMP C Merauke, dan Undani Kasi Perbendaharaan KPPBC TMP C Sorong. 

Kegiatan pertama dimulai dari materi urgensi Service Level Agreement (SLA) di DJBC. Tuntutan masyarakat saat ini sudah semakin tinggi, apalagi era globalisasi ini membuat masyarakat bisa membandingkan layanan di tempat manapun. Materi kedua adalah pembangunan karakter sesuai dengan nilai - nilai Kementerian Keuangan dan sikap dasar pegawai DJBC. Seluruh pegawai harus menanamkan nilai - nilai Kementerian Keuangan dalam keseharian karena itu juga merupakan pondasi dalam penerapan SLA. Materi ketiga adalah pengenalan SLA yang digunakan di Kementerian Keuangan. Standar layanan mulai diterapkan sebelum tahun 2010 di Bea Cukai Soekarno Hatta dan diikuti oleh unit kerja DJBC yang lain. Materi keempat adalah standar layanan DJBC terkait penampilan dan sikap pegawai. 


Sebagai sebuah organisasi pemerintah, ada standar penampilan yang harus ditaati oleh seluruh pegawai, terutama untuk pegawai yang bertugas di garda terdepan dan bertemu dengan masyarakat secara langsung. Contoh - contoh standar penampilan yang harus ditaati adalah rambut pendek dan rapi, pemakaian seragam yang sesuai ketentuan, dan hal - hal yang tidak boleh dilakukan selama bekerja. Materi kelima adalah standar layanan DJBC terkait lokasi - lokasi utama pelayanan. Materi keenam tentang komunikasi efektif di depan umum. Materi ini dilakukan dengan simulasi pidato selama 3 menit dengan materi yang dipilih sendiri oleh peserta. Dalam penyampaian pidato, hal - hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara menyampaikan pesan dalam waktu yang singkat dengan cara yang menarik.

7 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua