LARANGAN MENERIMA PARSEL/BINGKISAN ATAU HADIAH LAINNYA

PENGUMUMAN

PENG-01/BC/2019


Tentang


LARANGAN MENERIMA PARSEL/BINGKISAN ATAU HADIAH LAINNYA


Sehubungan dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor: 7/PMK.09/2017 tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan dan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotismedi lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, perlu adanya upaya pengendalian gratifikasi sebagai perwujudan integritas pegawai dalam menjalankan tugas, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Sebagai Bentuk pengendalian gratifikasi di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, kami menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Kepada Seluruh Pejabat/Pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai wajib menolak parsel/bingkisan atau hadiah lainnya dalam bentuk apapun (uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, dan fasilitas lainnya) yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugas secara langsung maupun tidak langsung dari pihak manapun tidak terbatas pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah dan melaporkan penolakan gratifikasi melalui Aplikasi Gratifikasi Online (GOL) atau Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) masing-masing unit kerja.

2. Kepada Pengguna Jasa Kepabeanan dan Cukai untuk tidak memberi parsel/bingkisan atau Hadiah Lainnya dalam bentuk apapun (uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, dan fasilitas lainnya) yang berindikasi gratifikasi yang wajib dilaporkan, pemerasan, atau suap kepada pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tidak terbatas pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah.

3. Kepada pihak yang mengetahui terjadinya pelanggaran atas komitmen tersebut di atas, agar melaporkan ke saluran pengaduan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui www.wise.kemenkeu.go.id atau www.beacukai.go.id/pengaduan dan/atau contact center Bravo Bea Cukai nomor: 1500225

4. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menjamin kerahasiaan Identitas pelapor dan memastikan Pengguna Jasa Kepabeanan dan Cukai selaku pelapor tidak akan dipersulit dalam memperoleh pelayanan Kepabeanan dan Cukai.


Demikian untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan pengumuman ini hendaknya disebarluaskan

23 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua