Kunjungan Menteri Keuangan ke Jayapura, Melihat Perbatasan Skouw dan Berdialog dengan Pegawai



Memasuki akhir tahun 2018, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja di 2 ibukota provinsi yang ada di pulau Papua. Daerah pertama yang menjadi tujuan adalah Jayapura pada tanggal 18 Desember 2018. Setelah tiba di bandara, Beliau langsung menuju ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura, yang memakan waktu 2 jam perjalanan. Kegiatan pertama yang dilakukan Menteri Keuangan adalah mengunjungi pasar Skouw, bertepatan dengan “hari pasaran” dimana banyak pembeli datang dari negara tetangga untuk berbelanja. Beliau berbincang dengan beberapa pedagang dilanjutkan dengan meninjau Gedung PLBN Skouw yang disambut disambut dengan upacara tradisi Injak Piring sebagai rangkaian prosesi pemberian gelar Putri Papua dari Suku Saireri dengan gelar “WIWING KAURA”.



Kegiatan dilanjutkan dengan menengok Zona Netral perbatasan antara Indonesia dengan Papua New Guinea. Disana Ibu Sri Mulyani berbincang dengan beberapa pembeli yang berasal dari Papua New Guinea, ternyata banyak sekali barang yang dibeli untuk dibawa ke negara asalnya, ada yang bertujuan untuk dijual kembali ataupun hanya untuk kebutuhan keluarganya sendiri. Menteri Keuangan berharap agar hubungan baik kedua negara di bidang ekonomi dapat berlanjut utamanya kegiatan perdagangan di kawasan perbatasan ini.



Malam harinya, diadakan dialog pegawai Kementerian Keuangan yang ada di Jayapura dan sekitarnya bersama Menteri Keuangan di GKN Jayapura. Dalam arahannya, Beliau mengingatkan seluruh pegawai bahwa tantangan global ke depan semakin tinggi, adanya perang dagang menjadi yang utama. Peran Kementerian Keuangan di bidang fiskal sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat, penerimaan negara yang meningkat serta penyerapan anggaran yang maksimal dan tepat guna menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif sesuai dengan visi Kementerian Keuangan. Pemanfaatan teknologi dan sinergi antar instansi juga menjadi sangat penting saat ini untuk meningkatkan hasil yang didapatkan. Maka dari itu, Menteri Keuangan berpesan “Dimanapun anda ditugaskan, anda adalah bagian penting yang tidak terpisahkan dengan Kementerian Keuangan sebagai tulang punggung negara Republik Indonesia”.




17 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua