Kemenkeu Mengajar Sorong: Lautan pun Ku Sebrangi untuk Pendidikan Indonesia



Kemenkeu Mengajar merupakan sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar. Program tersebut mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan potensi yang ada di Kementerian Keuangan. Para relawan juga akan mengajarkan nilai - nilai dan semangat yang akan dikenang oleh siswa Sekolah Dasar untuk menggapai cita - cita generasi penerus bangsa. Tahun 2018 merupakan edisi ketiga dari Kemenkeu Mengajar ini dan sudah menjangkau 34 provinsi, 76 kota/kabupaten termasuk salah satunya Sorong. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 22 Oktober 2018. Jumlah relawan pengajar yang ada di Sorong sebanyak 30 orang, termasuk pejabat Kementerian Keuangan yang ada disini seperti Kepala Kanwil DJBC Khusus Papua, Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, dan Kepala PSO BC Tipe B Sorong.



Relawan pengajar tidak hanya datang dari pegawai Kementerian Keuangan yang ada di Sorong saja melainkan juga berasal dari luar daerah seperti Manokwari, Fak Fak, Balikpapan, Semarang, hingga paling jauh berasal dari Jakarta. Mereka semua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini meskipun menggunakan uang pribadi karena kegiatan ini tidak menggunakan uang negara sepeser pun, murni dari sumbangsih seluruh pegawai Kementerian Keuangan. Ada 2 Sekolah Dasar yang menjadi tempat pelaksanaan Kemenkeu Mengajar di Sorong, yaitu SD YPK III Bethel Doom dan SD Inpress Doom. Kedua Sekolah Dasar ini unik karena tidak berada di daratan kota Sorong melainkan ada di pulau yang berada di seberang kota Sorong sehingga untuk menuju ke Sekolah Dasar ini harus menggunakan perahu terlebih dahulu.



Kegiatan dimulai dengan upacara bendera oleh kedua Sekolah Dasar yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Setelah itu Kepala Kanwil DJBC Khusus Papua, Padmoyo Tri Wikanto, memberikan pengarahan terhadap relawan pengajar dan panitia, kemudian dilanjutkan dengan senam/tari tobelo bersama oleh seluruh siswa, guru, panitia, dan relawan pengajar. Kegiatan mengajar yang menjadi agenda utama dilaksanakan di masing - masing kelas dengan relawan pengajar yang terbagi ke beberapa kelas. Kakanwil juga masuk ke salah satu kelas dan ikut mengajar siswa dengan beberapa materi. Materi yang disampaikan oleh Kakanwil adalah arah mata angin menggunakan kompas dan aplikasi di HP, kemudian nama - nama pulau yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di sekitar Papua Barat, dan mengajarkan perkalian menggunakan 10 jari. Kegiatan berlangsung seru dan menyenangkan karena diselingi juga dengan permainan - permainan yang sudah disiapkan oleh tim relawan pengajar serta panitia. Setelah kegiatan selesai, seluruh siswa pun mengantar tim Kemenkeu Mengajar ke dermaga penyebrangan, seolah - olah tak ingin ditinggalkan oleh tim Kemenkeu Mengajar. Kementerian Keuangan juga turut serta dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia, salah satunya melalui gerakan Kemenkeu Mengajar ini, semoga bisa menginspirasi banyak orang lain untuk melakukan hal yang sama untuk kemajuan bangsa.

12 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua