Apel Bulan September 2018: Pegawai Kemenkeu Harus Menjadi Teladan bagi Sekitarnya



Apel bulan September telah dilaksanakan pada tanggal 6 September 2018 di halaman Kanwil DJBC Khusus Papua. Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Rustam Efendi, bertindak sebagai pembina apel. Beliau menyampaikan bahwa penerapan nilai - nilai Kementerian Keuangan, 10 Perilaku Utama Kementerian Keuangan, dan 5 Sikap Dasar DJBC itu tidak mudah, termasuk bagi pengucap hal - hal tersebut dalam apel kali ini. Sebagai pengucap, membutuhkan usaha yang lebih keras lagi untuk melaksanakan apa yang telah diucapkan, karena melaksanakan dalam kehidupan sehari - hari lebih sulit dibandingkan hanya sekedar mengucapkan. Selain menerapkan apa yang telah diucapkan oleh perwakilan pegawai yang menjadi petugas apel, seluruh pegawai Kementerian Keuangan juga harus menerapkan Budaya Kerja Kementerian Keuangan. 


Selama ini Kementerian Keuangan telah menjadi contoh bagi Kementerian/Lembaga yang lain dalam banyak hal, mulai dari kualitas sumber daya manusia, bagaimana budaya organisasi bisa ditanamkan kepada seluruh pegawai, dan penilaian kinerja yang sudah sangat baik diterapkan oleh Kementerian Keuangan. Berbagai prestasi sudah diraih oleh Kementerian Keuangan, bahkan DJBC mendapatkan Bung Hatta Anti Corruption Awards, pertama kali seorang birokrat mendapatkan penghargaan yang sangat bergengsi ini. Hal ini membuktikan bahwa budaya organisasi yang telah diterapkan di Kementerian Keuangan sudah melekat pada pribadi masing - masing pegawai. Sebagai seorang yang dicontoh maka tugas yang diemban akan semakin berat karena orang lain akan mengekspektasikan seluruh pegawai Kementerian Keuangan merupakan pegawai yang berkualitas tinggi.


4 hal utama ini sangat penting bagi pegawai DJBC dan saling berkaitan, jika pegawai telah menerapkan nilai - nilai Kementerian Keuangan, secara otomatis apa dan bagaimana pekerjaan dia sehari - hari akan mengandung 3 hal lainnya. Selain itu, penerapan 4 hal tersebut juga akan berpengaruh besar terhadap pembangunan ZI menuju WBK WBBM yang merupakan proyek besar Kanwil DJBC Khusus Papua. Mengapa bisa demikian? Karena nilai - nilai yang terkandung dalam pembangunan ZI menuju WBK WBBM sama dengan 4 hal yang harus diterapkan oleh seluruh pegawai Kementerian Keuangan.

10 tampilan

KEMENTERIAN KEUANGAN

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH KHUSUS PAPUA

Lokasi: Gedung Keuangan Negara, Jl. Basuki Rahmat KM 7, Kota Sorong, Papua Barat - 98416

Hubungi kami: (0951) 3123181 - kwbcpapua@customs.go.id

Intranet

Ikuti Kami

  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
  • Youtube
  • Lokasi

©2020 by Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua